Latest Free Templates

Senin, 12 Januari 2009

DEMAM VISUAL KEI AND HARAJUKU

Mungkin ada diantara kalangan para pecinta Jepang yang dulu pernah merasa dianggap kayak anak kecil atau disindir karna suka memakai pakaian yang dianggap norak atau gak karuan oleh masyarakat awam. Tapi gaya Visual kei dan Harajuku memang mau gak mau pasti lama-lama banyak yang melekat juga pada para pecinta Jepang terutama disini bagi mereka yang mengikuti aliran musik Jrock band. Kalo saran saya sih! kenapa mesti risih dengan pendapat orang lain, tetep PeDe aja ekspresikan Jrock mu!. Tapi menurut saya komunitas terutama Visual Kei, Oshare kei dan Harajuku masih sedikit dibanding komunitas pecinta costum-costum anime. Maklumlah, anime lebih gampang dijumpai dalam stasiun TV dan komik. Setiap acara Cosplay pun selalu banyak peminatnya bila dibandingkan dengan peserta cosplay Visual kei. Tapi seiring berjalannya waktu mulai muncul para pecinta kostum Visual kei band-band Jrock ini.
Bisa kita lihat saat ini virus-virus kostum visual kei dan Harajuku mulai marak di Indonesia. Mulai dari Band lokal yang beraliran jepang. sampai merambah pada kalangan artis, penyanyi dan band-band Indonesia ternama. Kita lihat saja JROCK’S yang terinspirasi dari L’Arc~en~Ciel, The Rock Indonesia, Mulan Jameela, Maya and Friends, Maha Dewi, The Virgin, Titi DJ, Potret, mereka merupakan salah satu dari kalangan artis yang sukses membawakan kostum ala visual ini dalam dunia musik. Karena menurut pengamatan saya, lagu-lagu mereka selalu menduduki chart musik urutan atas.
Selain artis-artis yang telah disebutkan diatas, kostum visual juga banyak dipakai oleh model pada sejumlah iklan. Sebut saja iklan Vitacimin lengkap dengan lagu pendampingnya yang berlirik jepang, Nu Green Tea, Ii otto TV dengan model grup musik SHE. Mereka memgenakan kostum kimono modern yang mirip dengan salah satu band jepang visual rock yaitu Kagrra,.*gue naksir berat ma costum mereka XD*. Dan banyak juga Iklan berbau-bau Jepang seperti Molto, beberapa sabun mandi dan minyak wangi.
Selain masalah kostum yang sering di pakai oleh artis-artis Indonesia ataupun model iklan tv, virus jejepangan turut merambah di dunia infotainment. Sebut saja dua stasiun tv swasta yang saling bekerjasama juga sering menggunakan lagu-lagu jepang sebagai backsound pada acara infotainment tertentu. Disalah satu stasiun TV itu, biasanya lagu-lagu Jepang dipakai dalam acara Olahraganya yaitu dengan menyisipi lagu-lagu milik L’Arc~en~Ciel yang memang sudah tidak asing lagi di telinga warga Indonesia sendiri dan di acara berbagai infotainment nya sering menggunakan backsound seperti Asian Kungfu Generation. Dan tidak ketinggalan Ost. Anime semacam Samurai X, Hunter X Hunter, Naruto, Bleach, Inuyasha.
Saya pribadi cukup senang dengan makin maraknya band-band Indo yang jadi berubah ke Visual kei an itu, tapi menurut saya akan lebih bagus kalau Indonesia punya ciri khas tersendiri deh! Betul gak tuh!!






2 komentar:

Unknown mengatakan...

huuuwwwaaaa gw seneng banget ama yg berbau jepang2an.klo artis nongol di tv pake vis kei org awam bilang wajar n ga begt risih.tp ketika gw jalan sendr ke mall ato ditengah jln pake vis kei,org awm br sadar klo dia risih ada org pake gaya yg bg mrk g familiar.menurut gw,komunitas2 ini harus lbh sering lg bkin acr2 biar org2 lbh familiar n kt pake nya juga g ngerasa terganggu krn jd sorotan mata2 memandang....ccciiiiiiiiiiiiiieeeeeeeeeeeeeeee pokoknya HIDUP JROCKS!!!!!!!!! HIDUP THE GAZETTE

Gema Parfum mengatakan...

Terima kasih infonya gan.
Lumayan buat nambah elmu.

Gema Parfum
Parfum Harajuku.

----------

Free Blog Templates

gazejogja-1412.blogspot.com

gazejogja-1412.blogspot.com